Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa kelas X Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

Ayuningtyas, Nurina (2017) Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa kelas X Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi, 3 (1). pp. 99-110. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
101-199-1-PB.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil literasi matematis pada konten change and relationship siswa kelas X bergaya kognitif visualizer dan verbalizer. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan tiga jenis instrumen pendukung yaitu tes penggolongan gaya kognitif, soal matematika model PISA dan pedoman wawancara. Profil literasi matematis subjek verbalizer dalam merumuskan permasalahan yaitu dengan menyebutkan dan menuliskan atribut pada objek sesuai konteks nyata, dan menyebutkan konsep matematika. Subjek verbalizer mengalami kesulitan dalam memodelkan permasalahan yang memerlukan gambar. Dalam menerapkan rancangan model matematika, subjek verbalizer menggunakan pemodelan yang telah diungkapkan sebelumnya ke dalam langkah untuk menyelesaikan soal. Dalam menafsirkan hasil yang didapat, subjek verbalizer hanya menafsirkan hasil matematis. Profil literasi matematis subjek visualizer dalam merumuskan yaitu dengan menggambar objek, menyebutkan dan menuliskan atribut sesuai dengan konteks, menandai atribut yang sesuai dan menyebutkan konsep matematika yang digunakan. Dalam menerapkan rancangan model matematika, subjek visualizer menggunakan pemodelan yang telah diungkapkan untuk menyelesaikan soal. Kata Kunci: literasi matematis, konten change and relationship, gaya kognitif visualizer dan verbalizer .

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Teknik, Matematika dan IPA > School of Mathematics
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Feb 2018 00:16
Last Modified: 19 Feb 2018 06:37
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1

Actions (login required)

View Item View Item