ANALISIS KESALAHAN SISWA DI DAERAH 3T KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG ALJABAR ANALISIS KESALAHAN SISWA DI DAERAH 3T KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG ALJABAR

Suruklusy, Cici Diana ANALISIS KESALAHAN SISWA DI DAERAH 3T KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG ALJABAR ANALISIS KESALAHAN SISWA DI DAERAH 3T KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG ALJABAR. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202005 - Artikel.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Kesalahan yang dilakukan siswa didaerah 3T (Tertingal, Terdepan, dan Terluar) Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan faktor penyebabnya. Tahapan kesalahan yang digunakan yaitu Tahapan kesalahan menurut Newman yaitu 1) Kesalahan Membaca, 2) Kesalahan Memahami, 3) kesalahan Transformasi, 4) kesalahan Keterampilan proses, 5) Kesalahan Penulisan jawaban akhir. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Selaru kelas VII-1 dengan satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, satu siswa berkemampuan rendah. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu lembar soal tes operasi hitung aljabar dan pedoman wawancara kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data, proses triangulasi data dalam penelitian ini mengguanakan triangulasi teknik .Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi yaitu: Kesalahan ketrampilan proses dan faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam menyelesaikan. Kesalahan siswa berkemampuan sedang yaitu: kesalahan transformasi dan faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah yaitu: kurangnya pemahaman konsep terhadap materi operasi hitung aljabar, siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar, siswa kurang mampu dalam menyusun langkahlangkah yang sistematis dalam menjawab soal opeasi hitung aljabar dan siswa kurang teliti di dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, 3T, Aljabar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:24
Last Modified: 01 Feb 2021 08:24
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item