Saputri, Bella Eka (2020) Pengembangan Media POLITEMASI (Monopoli Tematik 3 Dimensi) Pada Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1686206007 - ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
1686206007 - BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
1686206007 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
1686206007 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
|
Text
1686206007 - BAB IV.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
1686206007 - BAB V.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
1686206007 - Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Keaktifan siswa adalah suatu proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kognitif, afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Penelitian ini didasari oleh guru pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, pemberian contoh dan media yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media POLITEMASI terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran kelas V sekolah dasar. Terdapat rumusan masalah bagaimana pengembangan media POLITEMASI serta keefektifan media POLITEMASI terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Developmet menurut Borg and Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, observasi, tes hasil belajar dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji coba dan analisis keefektifan media pembelajaran. Dari proses validasi oleh validasi ahli media memperoleh presentase 92,9% dengan kriteria sangat baik dan validasi materi sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik sehingga media POLITEMASI dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil observasi aktifitas siswa sebesar 90,5% dengan kriteria tinggi. Hasil pre test dan post test dengan presentase nilai pre test sebesar 55,5% dan nilai post test sebesar 88,8%. Presentase kenaikan media POLITEMASI tersebut yaitu sebesar 33,3%. Hasil respon siswa mencapai presentase 84,4% dan masuk dalam kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media POLITEMASI (Monopoli Tematik 3 Dimensi) layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 07:15 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 07:15 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |