Pengembangan Modul Stiker Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Anggraeni, Irvina Dwi Pengembangan Modul Stiker Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1686206020-Artikel.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu proses internal yang bisa dilakukan oleh individu secara sadar dan melalui beberapa tahapan dalam memproses suatu informasi guna memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, dengan melatih kemampuan berpikir krtis maka siswa akan dapat berpikir secara logis atau ilmiah terkait masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul stiker yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Developmet yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji pemakaian produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), respon siswa. Dengan prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaa, dan tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 14 Maret sampai 9 April 2020 dengan subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas V SDN Gamping 2 sebanyak 11 siswa yang terbagi menjadi tahap uji coba dan uji pemakaian. Dari proses validasi oleh ahli modul dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 4,21 dengan kategori sangat valid dan dinyatakan layak untuk dijadikan bahan ajar. Keefektifan modul dinilai dari hasil belajar dan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran menggunkan modul stiker. Hasil belajar siswa sebesar 80% sampai 83,33% sehingga perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 25% sampai 65% dan keaktifan siswa sebesar 80,46% sampai 82,07%. Sementara respon siswa terhadap modul stiker mencapai 96,67% dengan kategori sangat positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul,modul stiker, melatihkan berpikir, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:16
Last Modified: 15 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item