Safitri, Dyah Ayu and Kusumawati, Intan Bigita and Widadah, Soffil (2020) ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Jurnal Edukasi, 6 (2). pp. 113-121. ISSN 2443-0455
|
Text
1684202007 - Artikel.pdf Download (746kB) | Preview |
Abstract
Perasaan tegang yang hadir ketika siswa menyelesaikan masalah dalam matematika disebut dengan kecemasan matematika. Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk bisa menyelesaikan soal-soal HOTS, dalam hal ini siswa harus memiliki kesanggupan dalam mengerjakan soal-soal matematika yakni kemampuan matematika. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika siswa pada kemampuan matematika siswa tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Tanggulangin pada kelas VII 3. Subjek ditentukan dengan cara acak dilakukan dengan membagikan soal tes tipe HOTS, kemudian siswa diberi angket kecemasan matematika. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: observasi, pengolahan data, penarikan kesimpulan kemampuan dan kecemasan matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tingkat kemampuan matematika siswa memiliki kecenderungan indikator kecemasan matematika yang beragam ketika menyelesaikan soal-soal tipe HOTS, yakni kemampuan matematika tinggi memiliki kecemasan matematika rendah, kemampuan matematika sedang memiliki kecemasan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah memiliki kecemasan matematika tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Matematika, Kecemasan Matematika, Soal-soal tipe HOTS, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 07:16 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 07:16 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1030 |
Actions (login required)
View Item |