Pengaruh Model Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Tanaman Di Sekitarku Kelas 1 Sekolah Dasar

Indiarti, Maysintia (2020) Pengaruh Model Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Tanaman Di Sekitarku Kelas 1 Sekolah Dasar. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1686206023 - ARTIKEL.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada sub tema tanaman di sekitarku. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 1 SDN Kebaron Tulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar mendapatkan nilai thitung sebesar 11,695 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,093 sehingga thitung< ttabel maka H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil nilai signifikan yaitu nilai signifikannya kurang dari 0,05 yaitu Sig.(0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil penelitian terhadap efektivitas siswa berdasarkan perhitungan uji efektivitas atau N-gain score menunjukkan bahwa nilai ratarata N-gain score untuk kelas 1 sebesar 74,6404 termasuk dalam kategori sudah efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 42,86 dan maksimal 100,00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar menggunakan tes awal atau Pretest dan tes akhir Posttest terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:19
Last Modified: 15 Jun 2021 07:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item