PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR KELAS V SD

Wardani, Putri Aditya Kusuma PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR KELAS V SD. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1686206030-ARTIKEL.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari saat ini bangsa Indonesia berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi perkembangan zaman. Pengembangan LKS dikemas sedemikian rupa agar menarik minat siswa dalam mempelajari meteri secara mandiri dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam merangsang keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi LKS, hasil belajar siswa, respon guru dan siswa. Jenis penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2015) terdiri dari beberapa tahap meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan tiga tahap yaitu memberikan tes pretest, posttest dan angket respon siswa dan guru dengan jumlah subjek 8 orang siswa dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi Covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi ahli, lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor persentase penilaian ahli materi tahap 1 sebesar 84% dan tahap 2 sebesar 93%, skor penilaian ahli media tahap 1 sebesar 81% dan tahap 2 sebesar 92%. Hasil perhitungan menggunakan uji gain dengan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 0,70 dengan selisih rata-rata 31,88 dengan kriteria tinggi menunjukkan adanya peningkatan ratarata hasil belajar siswa. Respon siswa diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dengan menunjukkan nilai persentase rata-rata siswa antara 97%-81% dengan kriteria sangat positif dan positif. Berdasarkan hasil uji tersebut pengembangan LKS Berbasis CTL sangat mempengaruhi hasil belajar siswa serta respon yang sangat positif dari siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:59
Last Modified: 22 Jun 2021 07:59
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item