Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, kemampuan berpikir kritis

Irfan, Irfan (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, kemampuan berpikir kritis. Zeta-Math Journal, 5 (1). pp. 1-7. ISSN 2459-9948 (Submitted)

[img]
Preview
Text
1684202047-Artikel.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, matematika berperan dalam melatih logika dan nalar, melatih berpikir sistematis, melatih berpikir obyektif, melatih ketelitian, dan melatih kesabaran dan disiplin. Pembelajaran Matematika membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk melatih logika dan nalar. Untuk melatih logika dan nalar pada pembelajaran matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini di dukung dari data hasil PISA tahun 2018 untuk bidang studi matematika, Indonesia menempati urutan ke-62 dari 70 negara yang berpartisipasi. Data tersebut perlu adanya pembenahan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengasah kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Setelah mengumpulkan data dan menganalisa data dengan menggunakan rumus uji hipotesis dengan menggunaka uji regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 2.0. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Populasi data berdistribusi normal, 2) Data berasal dari populasi yang homogen, 3) Model pembelajaran Scramble cukup berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:01
Last Modified: 22 Jun 2021 08:01
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item