Sholihah, Mar'atus PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATERI KUBUS DAN LIMAS SEGIEMPAT. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)
|
Text
1684202049 - Artikel.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus dan limas segiempat (2) mendeskripsikan kualitas LKS berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus dan limas segiempat ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian:(1) berdasarkan kriteria valid LKS yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 4,27 (sangat valid), (2) LKS memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian dari validator menyatakan lembar kerja siswa dapat digunakan dengan sedikit revisi dan diperoleh persentase keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran 88,9% (pertemuan ke-1) dan 83% (pertemuan ke-2) dengan skor rata-rata akhir 3,44 (baik), selain itu berdasarkan aktivitas siswa dihasilkan aktivitas aktif lebih besar dari aktivitas pasif (92,7% > 8,2%), sehingga dapat disimpulkan LKS sangat praktis digunakan, (3) berdasarkan tes hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal 80% (baik) dengan rata-rata kelas diperoleh 88 dan hasil angket respon siswa diperoleh skor 98% (sangat positif), sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Kata Kunci : LKS, Etnomatematika, Permainan Tradisional Engklek.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, Etnomatematika, Permainan Tradisional Engklek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:01 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:01 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
View Item |