HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENEMUAN TERBIMBING

Nuriyatin, Siti (2015) HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Edukasi, 1 (2). pp. 181-196. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
Siti Nuryatin 181-196.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar matematika, dan korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eskperimen. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket motivasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar wawancara. Hasil motivasi belajar yang diperoleh setelah pembelajaran menunjukkan kategori tinggi. Banyak peserta didik yang memenuhi masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, berturut-turut sebanyak 66%, 63%, 37%, dan 26%. Korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis digunakan uji korelasi Product Moment Karl Pearson. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa ada korelasi antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis. Nilai korelasinya sebesar 0,345.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, penemuan terbimbing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 May 2018 02:20
Last Modified: 16 May 2018 02:20
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item