IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI TENGAH PANDEMI COVID-19: PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GENERASI Z

Huda, Miftakhul (2020) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI TENGAH PANDEMI COVID-19: PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GENERASI Z. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202050-Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202050-BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
1684202050-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
1684202050-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
1684202050-BAB IV.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202050-BAB V.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202050-Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan ketika melaksanakan student centered learning berbasis blended learning adalah model flipped classroom, yaitu apa yang biasanya dilakukan di kelas kini dilakukan di rumah dan sebaliknya. Pembelajaran matematika dengan model flipped classroom memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya, kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa, pencapaian hasil belajar serta respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model flipped classroom. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan desain one-shot case study dengan subjek 7 siswa dari kelas X IPS- 1 SMA Persatuan Tulangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pembelajaran, tes hasil belajar berupa post test dan penyebaran angket respons siswa. Observasi pembelajaran digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan aktivitas guru dan siswa, sedangkan tes hasil belajar untuk mengetahui penguasaan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran. Angket respons untuk memperoleh data respons siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik yaitu 84,37%. Kemudian siswa merespons positif terhadap penerapan pembelajaran. Hasil observasi aktivitas siswa pada pembelajaan asinkron melalui LMS Kelase, siswa aktif selama proses pembelajaran yaitu memperoleh 83% tetapi pada saat pembelajaran sinkron di grup WA aktivitas siswa hanya memperoleh persentase 66,1% dengan kriteria cukup aktif. Dari hasil belajar siswa dalam blended learning menggunakan flipped classroom materi trigonometri, ketuntasan hasil belajar secara klasikal memperoleh sebesar 71,43%, maka secara klasikal dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal ≤ 75%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Blended Learning, Flipped Classroom, Covid-19, Learning Management System, Generasi Z.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:01
Last Modified: 22 Jun 2021 08:01
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item