DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Zazilah, Iva (2020) DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202015_Skripsi artikel_cek2.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Siswa sekolah Menengah Pertama (SMP) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal Sistem persamaan Dua Variabel (SPLDV). Siswa perlu memahami konsep SPLDV untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan SPLDV. Pelaksanaan penelitian design research ini didasari oleh PMRI, Design research merancang kegiatan dengan pertimbangan pada proses pembelajaran SPLDV melalui hipotesis hypotetical learning trajectory yang akan diterapkan pada PMRI. Teori local instructional theory menggambarkan hasil pada penelitian ini. Literature, Designing the Hypothetical Learning Trajectory (HLT), dan Pilot Experiment adalah batasan pada penelitian design reseach. Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 5 siswa kelas VIII SMP. Pembelajaran dengan PMRI menghasilkan, 1)siswa dapat merepresentasikan gambar dan strategi membandingkan, 2) siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi gambar, strategi membandingkan, dan strategi menukar kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi menggunakan gambar, 3)siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi simbol, kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi menggunakan variabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Design Research, PMRI, SPLDV PENDAHULUA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:19
Last Modified: 22 Jun 2021 08:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item