Irfan, Irfan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)
|
Text
1684202047-Artikel.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, matematika berperan dalam melatih logika dan nalar, melatih berpikir sistematis, melatih berpikir obyektif, melatih ketelitian, dan melatih kesabaran dan disiplin. Pembelajaran Matematika membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk melatih logika dan nalar. Untuk melatih logika dan nalar pada pembelajaran matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini di dukung dari data hasil PISA tahun 2018 untuk bidang studi matematika, Indonesia menempati urutan ke-62 dari 70 negara yang berpartisipasi. Data tersebut perlu adanya pembenahan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengasah kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Setelah mengumpulkan data dan menganalisa data dengan menggunakan rumus uji hipotesis dengan menggunaka uji regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 2.0. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Populasi data berdistribusi normal, 2) Data berasal dari populasi yang homogen, 3) Model pembelajaran Scramble cukup berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Sabila Maharani |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:21 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:21 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1193 |
Actions (login required)
View Item |