PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Febiyanti, Eka PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1686206012 - Artikel.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keterampilan berpikir siswa pada kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan subjek berjumlah 12 siswa, 6 siswa dari kelas eksperimen dan 6 siswa dari kelas kontrol dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di era pandemi Covid19. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes tulis pre-test dan post-test. Hasil penelitian dari pengaruh dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan  = 0,05 sehingga hasil yang diperoleh nilai thitung (24,112) ttabel (2,570) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas eksperimen di perolehan nilai ratarata secara keseluruhan yaitu 87,5% termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata secara keseluruhan yaitu 62,5% tergolong cukup aktif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Kooperatif, Scramble, Keterampilan Berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:53
Last Modified: 30 Nov 2021 03:53
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item