Febiyanti, Eka PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)
Text
1686206012 - Artikel.pdf Download (365kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keterampilan berpikir siswa pada kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan subjek berjumlah 12 siswa, 6 siswa dari kelas eksperimen dan 6 siswa dari kelas kontrol dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di era pandemi Covid19. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes tulis pre-test dan post-test. Hasil penelitian dari pengaruh dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan = 0,05 sehingga hasil yang diperoleh nilai thitung (24,112) ttabel (2,570) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas eksperimen di perolehan nilai ratarata secara keseluruhan yaitu 87,5% termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata secara keseluruhan yaitu 62,5% tergolong cukup aktif
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Kooperatif, Scramble, Keterampilan Berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 03:53 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 03:53 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
View Item |