Pemanfaatan Museum Mpu Tantular Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Smk Darul Huda Jabon Sidoarjo

Umma, Aisyatul Nurul Pemanfaatan Museum Mpu Tantular Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Smk Darul Huda Jabon Sidoarjo. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1687201002-Artikel.pdf

Download (163kB)

Abstract

Pemanfaatan museum mpu tantular sebagai media pembelajaran dimaksudkan agar antusiasme siswa untuk belajar mata pelajaran sejarah meningkat dan pembelajaran tidak membosankan agar peserta didik belajarnya semakin aktif dan berkualitas. Tujuan penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran museum mpu tantular. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan pendekatan kualitatif instrument kunci adalah informan (kepala sekolah dan guru SMK Darul Huda), dan Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut:(1) dalam perencanaan pembelajaran guru membuat RPP, merancang metode, menyiapkan media (2) dalam pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa tahap (3) evaluasi pembelajaran telah menunjukkan keberhasilan dalam pemanfaatan museum Mpu Tantular sebagai media pembelajaran (4) sarana dan kurangnya kreatifitas guru sejarah menjadi kendala dalam pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Museum Mpu Tantular, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:56
Last Modified: 30 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item