PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII SMP

Sartika, Dian (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII SMP. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
dokumen skripsi dian.pdf

Download (15MB)
[img] Text
LAPORAN TALENTA DIAN.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGMENTS.docx

Download (135kB)
[img] Text
Berita acara Dian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media komik pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP (2) mendeskripsikan kualitas media komik pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick & Carry, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). (1) Analysis (analisis), pada langkah ini peneliti melaksanakan analisis kurikulum pada materi perbandingan serta analisis karakteristik siswa. Dari langkah awal, diperoleh media komik yang dikembangkan cocok menggunakan materi perbandingan, (2) Design (Desain), langkah kedua yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan gambar dan soalsoal terkait materi perbandingan, mencari buku referensi, menyusun sketsa gambar untuk media komik, dan menentukan spesifikasi media komik. (3) Development (Pengembangan) pada langkah ini, peneliti mulai mengembangkan media komik materi perbandingan menurut rancangan yang sudah disusun sebelumnya, (4) Implementation (Implementasi) yang dilakukan peneliti dalam langkah ini adalah uji coba media komik dalam proses belajar mengajar matematika di sekolah. Uji coba dilaksanakan di kelas VIII I SMP Negeri 1 Candi, (5) Evaluation (Evaluasi) adalah tahap akhir dari pengembangan ADDIE, pada tahap ini dilakukan revisi akhir terhadap media komik yang dikembangkan setelah proses uji coba di sekolah dan menghasilkan produk akhir. Penelitian ini menghasilkan komik matematika materi perbandingan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) berdasarkan penilaian kualitas media komik oleh para ahli, media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,28 dan tercatat dalam kategori sangat valid, (2) berdasarkan hasil tes hasil belajar, media yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan ketuntasan tes hasil belajar adalah 95% dengan skor rata-rata kelas adalah 84,5 serta dan tercatat dalam kategori sangat efektif, (3) berdasarkan angket respon siswa, media komik yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan total rata-rata persentase 97,2% yang termasuk dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Komik, Materi Perbandingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:58
Last Modified: 10 Dec 2021 03:58
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item