Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Nafiah, Samrotun Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1786206035 - Artikel.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai siswa kelas IV SDN Mojorangagung yang masih di bawah KKM yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Konvensional dan Audio Visual materi tematik tema 9 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Hal ini dikarenakan siswa merasa bosan karena harus menyimak pembelajaran dalam bentuk video dan siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Snowball Throwing, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020/2021 di SDN Mojorangagung kelas IV A dan IV B dengan total sampel 12 siswa. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Snowball Throwing lebih baik dibanding penggunaan metode Konvensional yang dibantu dengan media Audio Visual, karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, meskipun dalam hasil belajar perbedaan yang dihasilkan tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Snowball Throwing, Pengaruh, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:58
Last Modified: 27 Jun 2023 03:58
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item