PERBEDAAN PENYELESAIAN BENTUK SOAL GEOMETRI VERBAL DAN VISUAL DITINJAU BERDASARKAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Muzdalifah, Nur Hidayatul PERBEDAAN PENYELESAIAN BENTUK SOAL GEOMETRI VERBAL DAN VISUAL DITINJAU BERDASARKAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202013 - Artikel.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penyelesaian bentuk soal geometri verbal dan visual ditinjau berdasarkan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021di kelas X Teknik Jaringan Komputer (TKJ) SMK Darussalam Sidoarjo. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas X TKJ 1dan X TKJ 2 dengan menggunakan teknik random sampling. Kelas X TKJ 1 diberikan perlakuan berupa pemberian soal geometri berbentuk verbal, sedangkan kelompok X TKJ 2 diberikan perlakuan berupa pemberian soal geometri berbentuk visual. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan penyelesaian antara tes geometri verbal dan visual. Hal ini dibuktikan dari hasil uji mann whitney menggunakan SPSS, diperoleh nilai.signifikansi sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga �0 ditolak. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat secara nyata melalui hasil tes geometri visual memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan hasil tes geometri verbal. Hasil tes geometri verbal dalam penelitian ini memiliki nilai rata-rata 52,33, sedangkan hasil tes geometri visual memiliki nilai ratarata 80,42.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: representasi verbal, representasi visual, geometri, soal verbal, soal visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:22
Last Modified: 27 Jun 2023 06:22
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item