Sahrina, Alfi and Kusumawati, Intan Bigita and Nuriyatin, Siti (2022) ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)
Text
1784202023 - Artikel.pdf Download (365kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis peserta didik kelas VII ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Nurul Islam Krembung kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes GEFT. Dari hasil tes GEFT diperoleh 2 subjek penelitian yaitu 2 peserta didik field dependent dan 2 peserta didik field independent. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Peserta didik filed independent memenuhi proses literasi matematis yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interprete). Sedangkan peserta didik field dependent pada proses literasi matematis hanya memenuhi proses merumuskan (formulate).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematis, Gaya Kognitif, Soal PISA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:34 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1644 |
Actions (login required)
View Item |