ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI PADA MATERI PAENYAJIAN DATA

Mendeng, Flaviana (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI PADA MATERI PAENYAJIAN DATA. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1784202029-abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
1784202029-BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
1784202029-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
1784202029-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
1784202029-BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
1784202029-BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
1784202029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada materi penyajian data. Tahapan kesalahan yang digunakan yaitu tahapan kesalahan menurut Newman yaitu 1) Kesalahan Membaca 2) Kesalahan Memahami 3) Kesalahan Transformasi 4) Kesalahan Keterampilan Proses 5) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMPN Satap Benteng Sipi Kelas VIII. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan lembar soaltes yang berupa 3 soal cerita penyajian data dan pedoman wawancara kemudian dianalisis menggunakan reduksi data. Hasil soal tes dianalisis kemudian disajikan dalam tabel kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Selanjutnya dipilih 4 siswa dengan kesalahan terbanyak. Kesalahan siswa berkemampuan sedang yaitu: kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab dikarenakan kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah yaitu: kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan akhir. Faktor penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap materi penyajian data, siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal penyajian data, kurang mampu dalam menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menjawab soal penyajian data dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Numerasi,Penyajian Data.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 29 Jun 2023 11:28
Last Modified: 29 Jun 2023 11:28
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item