ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMPN SATAP DERUK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Eni, Metilda (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMPN SATAP DERUK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
3. 1784202039_Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. 1784202039_BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
5. 1784202039_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
6. 1784202039_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
7. 1784202039_BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
8. 1784202039_BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
9. 1784202039_Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB)

Abstract

Matematika dipandang sebagai ilmu yang sangat mendasar dan penting bagi manusia untuk memperoleh, menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal kesulitan yang dihadapi siswa, dalam menyelesaikan soal pada materi relasi dan fungsi ada beberapa kesalahan yang terjadi yaitu berupa kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Satap Deruk. Teknik purposive sampling digunakan untuk menetapkan 3 orang siswa sebagai subjek penelitian, dengan kriteria (1) siswa yang paling banyak melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan siswa 1 yaitu: kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi, kesalahan yang dilakukan siswa 2 yaitu: kesalahan konsep, kesalahan fakta, dan kesalahan operasi., sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa 3 yaitu: kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip, dan faktor penyebab ketiga siswa tersebut melakukan kesalahan yaitu: (1) karena siswa tidak mengetahui syarat dalam penulisan suatu himpunan yang disebabkan oleh daya ingat rendah, (2) katrena siswa belum paham dan tidak memahami konsep dari range dan juga disebabkan karena unjuk hasil belajar rendah, (3) karena siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal yang disebabkan karena kurang kosentrasi belajar, (4) katrena siswa tidak paham langkah-langkah penyelesaian soal yang disebabkan kurangnya kesiapan dalam mengikuti proses belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, jenis-jenis kesalahan, faktor penyebab.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 29 Jun 2023 11:34
Last Modified: 29 Jun 2023 11:34
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item