PENGEMBANGAN MEDIA POLITEMA (MONOPOLI TEMATIK) PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fajriah, Nurul (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POLITEMA (MONOPOLI TEMATIK) PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
1786206027_BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
1786206027_BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
1786206027_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
1786206027_BAB IV...pdf

Download (1MB)
[img] Text
1786206027_BAB V.pdf

Download (518kB)
[img] Text
1786206027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk media pembelajaran politema, produk ini akan menjadikan siswa termotivasi dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pegembangan R & D sehingga akan di dapat hasil pengembangan kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran menggunakan metode pengembangan Sugiono yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu: a) Potensi dan Masalah, b) Pengumpulan data, c) Desain produk, d) Validasi desain, e) Revisi desain, f) Uji coba produk, g) Revisi produk. Penelitian inibertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran politema yang dapat digunakan oleh siswa Sekolah Dasar (SD) kelas IV, 2) mendeskripsikan kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran dengan menggunakan tes hasil belajar siswa pada materi tema tempat tinggalku. Dari hasil uji coba pengembangan media pembelajaran politema pada materi tempat tinggalku kelas IV menghasilkan media pembelajaran yang valid karena memenuhi : 1) Penilaian ahli menyatakan nilai rata-rata sebesar 94,11% atau berkategori valid untuk hasil uji validasi , 2) Penilaian ahli materi menyatakan nilai rata-rata sebesar 77,64% atau kategori cukup valid. Dari hasil uji coba siswa pada kelas IV MI Darul Hidayah menghasilkan media pembelajaran yang efektif : 1) Tes hasil belajar siswa diatas kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata hasil belajar 83,75, 2) Penilaian respons siswa rata-rata sebesar 98% atau respon siswa menyatakan media pembelajaran politema menarik, media tidak mudah rusak, dan gambar tidak menggangu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Politema, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:23
Last Modified: 03 Jul 2023 04:23
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item