Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sholichah, Laylatus and Rahmawati, Ery and Dewi, Galuh Kartika (2022) Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 6 (1). ISSN 2580-3735

[img] Text
1786206021 - Artikel.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-test Pos-test Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MINU Plus Islamiyah yang terdiri dari 37 siswa kelas IV A dan 34 siswa kelas IV B. Sampel yang digunakan yaitu 18 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini pada aktivitas belajar melalui lembar pengamatan aktivitas siswa sedangkan hasil belajar siswa diperoleh melalui pre test dan post test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 92% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 90,78 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 77,76 serta berdasarkan hasil uji-t bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol untuk nilai pre test dan post test.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:41
Last Modified: 03 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item