Hidayati, Nur and Wulan, Budhi Rahayu Sri and Octavia, Rosyidah Umami (2022) Pengaruh Quiziz Dengan Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Di Kelas IV SD. JIME (Jurnal Ilmiah Mandala Education), 8 (1). ISSN p-ISSN: 2442-9511, e-ISNN: 2656-5862
Text
1786206026-Artikel.pdf Download (662kB) |
Abstract
Hasil belajar yakni suatu proses transformasi kemampuan yang dimiliki siswa dalam cakupan segi kognitif (pengetahuan), Afektif (sikap), serta Psikomotor (keterampilan). Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penggunaan quiziz dengan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV serta mengetahui respon siswa setelah menggunakan quiziz dengan model pembelajaran take and give pada pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian pre experimental design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi quiziz serta model take and give hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedung Pandan II Jabon, Sidoarjo tema 2 subtema 1 tentang selalu berhemat energi dapat meningkat. Dengan melibatkan 10 siswa kelas IVA kelas kontrol dan 10 siswa kelas IVB kelas eksperimen. Penelitian ini dipergunakan perhitungan SPSS yang diperoleh hasil pada kelas kontrol (tidak ada perlakuan) nilai pretest dengan total 0,064 sedangkan pada nilai posttest diperoleh dengan total 0,097. Pada kelas eksperimen (setelah perlakuan) diperoleh hasil pada pretest dengan total 0,200 sedangkan pada nilai postest diperoleh nilai 0,138. Dari hasil perhitungan diatas maka bisa disimpulkan bahwa nilai di kelas eksperimen lebih unggul daripada di kelas kontrol dan berarti aplikasi quiziz dengan model pembelajaran take and give berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quiziz, Take And Give, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 07:42 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 07:42 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1692 |
Actions (login required)
View Item |