PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X SMK

Jenia, Serafina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X SMK. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1884202026-Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
1884202026-BAB 1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
1884202026-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
1884202026-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
1884202026-BAB 4.pdf

Download (640kB)
[img] Text
1884202026-BAB 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
1884202026-BAB 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
1884202026-Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Untuk mempermudah memahami dalam mempelajari matematika perlu dikaitkan dengan aktivitas keseharian peserta didik. Seperti yang diterapkan pada materi bilangan berpangkat pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi aktivitas apa saja yang dilakukan guru dan peserta didik dalam pembelajaran CTL, mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X TKJ. Jumlah peserta didik dalam satu kelas adalah 34 orang. Hasil analisis data yang dilakukan adalah Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran CTL pada materi bilangan berpangkat diperoleh nilai 4,00 yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran sudah dapat dikatakan aktif, karena dari 34 peserta didik 26 kriteria aktif dan 8 masih kriteria kurang aktif karena tidak mengikuti pertemuan pertama. Hasil belajar peserta didik kelas X TKJ setelah mengikuti tes soal bilangan berpangkat dikatakan tuntas karena presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,23%. Respon peserta didik dikatakan positif karena seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori sangat positif dan positif maka respon peserta didikdikatakan positif. Sehingga penerapan model pembelajaran CTL dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: penerapan, contextual teaching and learning, bilangan berpangkat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:30
Last Modified: 17 Jul 2024 05:40
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item