Hidayat, Taufik and Sukriyah, Dewi and Lestariningsih, Lestariningsih Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di MTs Nurul Huda Bulusari. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)
Text
1684202057-Artikel.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh penyebaran virus covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Brain Based Learning (BBL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian dan lembar angket yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan pada tahun pelajaran 2021/ 2022 semester genap. Dengan teknik One-Shot Case Study yang memberikan perlakuan terhadap kelompok eksperimen dan melaksanakan post test terhadap kelas eksperimen yang diperoleh sampelnya yaitu siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa meliputi mengidentifikasi, menganalisis, menghubungkan, memecahkan masalah dan mengevaluasi pada siswa kelas IX materi bangun ruang sisi lengkung mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brain based learning, BBL, kemampuan berpikir kritis, senam otak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:44 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:44 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |