Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Pada Siswa Kelas V SD

Sary, Dinda Permata and Dewi, Galuh Kartika and Erdiana, Lita (2023) Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Pada Siswa Kelas V SD. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4 (5). ISSN 2656-8063

[img] Text
1786206052-Artikel.pdf

Download (308kB)

Abstract

Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio visual interaktif untuk melatih keterampilan menulis argumentasi untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian Research and Development (R&D). Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena rendahnya keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 2 Waru. Selain itu, kurangnya ketersediaan metode dan media yang interaktif. Jadi ada kebutuhan untuk perbaikan media. Peneliti berusaha untuk mengembangkan media audio visual interaktif sebagai referensi penelitian untuk menentukan keterampilan menulis argumentasi siswa ketika menggunakan media. Dengan mengikutsertakan 10 siswa kelas V-A (Kontrol) dan 10 siswa kelas V-B (Eksperimen). Penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS versi 26.0 dengan Hasil penelitian 1)Pengembangan media audio visual interaktif ini layak digunakan, terbukti dari ahli media 82% dengan kriteria layak di uji cobakan. Uji validasi ahli materi 92%, klasifikasi yang layak untuk di uji cobakan, 2) Respon siswa setelah perbaikan media umum mendapat nilai rata-rata 85,8% setuju dengan pengembangan media audio visual interaktif siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Waru, 3) Keterampilan menulis argumentasi siswa kelas 5 SD mendapat nilai rata-rata 88% dengan media yang sepenuhnya layak untuk dicoba. Dari hasil perhitungan di atas, sangat mungkin beralasan bahwa kemajuan media audio visual interaktif dapat dicoba dalam keterampilan menulis argumentasi siswa kelas 5 SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media, Audio Visual, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:44
Last Modified: 15 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item