PENGEMBANGAN MEDIA PAMITUNG (PAPAN MINIATUR HITUNG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Andzani, Alda Budi and Rahmawati, Ery and Susilo, Tri Achmad Budi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAMITUNG (PAPAN MINIATUR HITUNG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (2). ISSN 2548-6950

[img] Text
1886206005-Artikel.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kelayakan pengembangan media PAMITUNG pada pembelajaran matematika, aktivitas siswa menggunakan media PAMITUNG, dan mengetahui hasil belajar matematika pada siswa sesudah menerapkan media PAMITUNG materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini siswa kelas IV di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, mendapat validasi materi 90% dengan kategori layak, validasi media PAMITUNG 86,25% dengan kategori sangat layak. Sedangkan observasi aktivitas siswa mendapat 87,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan dari skor rata-rata pretest 57,34 menjadi skor rata-rata posttest 82 setelah menggunakan media PAMITUNG pada peningkatan nilai N-gain 0,578 termasuk kualifikasi sedang. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pengembangan media PAMITUNG pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Papan Miniatur Hitung, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:28
Last Modified: 24 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item