EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Dewi, Julia Miarosa EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202036-Artikel.pdf

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui seberapa aktif siswa selama proses pembelajaran dengan metode PMRI. Penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain pre-eksperimen satu tes kasus dilakukan di MTs. Ma'arif NU Ngaban Tanggulangin pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, yang terdiri dari 27 siswa. Lembar observasi dan lembar tes adalah alat yang digunakan. Uji statistik satu sampel digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa memiliki nilai observasi aktivitas dan hasil belajar rata-rata 3,51, yang merupakan kategori Sangat Baik. Mereka juga memiliki nilai tes belajar rata-rata 87,59. Dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,040 yang kurang dari 0,05, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. # Ini menunjukkan bahwa# rata-rata aktivitas pembelajaran dengan pendekatan PMRI# berada di atas 60.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PMRI, Efektivitas, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:51
Last Modified: 03 Feb 2025 08:20
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item