USING YOUTUBE AS A LEARNING MEDIA TO SPEAKING SKILL: STUDENTS’ PERCEPTIONS

Maf’ula, Sandya Puji USING YOUTUBE AS A LEARNING MEDIA TO SPEAKING SKILL: STUDENTS’ PERCEPTIONS. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1988203027-Artikel.pdf

Download (881kB)

Abstract

Kemampuan berbicara (speaking) merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun seringkali menjadi tantangan bagi banyak siswa. Dalam menghadapi tantangan ini, media pembelajaran seperti YouTube telah menjadi salah satu pilihan yang menarik. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di MTs Nurul Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi siswa terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, serta untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Responden terdiri dari 33 siswa di MTs Nurul Islam Mojokerto. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Namun, beberapa hambatan juga teridentifikasi, termasuk masalah sinyal internet, kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara, dan keterbatasan partisipasi aktif dalam kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris bagi siswa di MTs Nurul Islam. Namun, perlu perhatian khusus terhadap penyelesaian hambatan-hambatan yang diidentifikasi untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan media pembelajaran ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Media Pembelajaran, Youtube, Mts Nurul Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:10
Last Modified: 09 Jan 2025 04:10
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item