Maf’ula, Sandya Puji USING YOUTUBE AS A LEARNING MEDIA TO SPEAKING SKILL: STUDENTS’ PERCEPTIONS. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
1988203027-Artikel.pdf Download (881kB) |
Abstract
Kemampuan berbicara (speaking) merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun seringkali menjadi tantangan bagi banyak siswa. Dalam menghadapi tantangan ini, media pembelajaran seperti YouTube telah menjadi salah satu pilihan yang menarik. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di MTs Nurul Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi siswa terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, serta untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Responden terdiri dari 33 siswa di MTs Nurul Islam Mojokerto. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Namun, beberapa hambatan juga teridentifikasi, termasuk masalah sinyal internet, kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara, dan keterbatasan partisipasi aktif dalam kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris bagi siswa di MTs Nurul Islam. Namun, perlu perhatian khusus terhadap penyelesaian hambatan-hambatan yang diidentifikasi untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan media pembelajaran ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara, Media Pembelajaran, Youtube, Mts Nurul Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:10 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |