Wijayanto, Wijayanto REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP UBQ NURUL ISLAM MOJOKERTO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
1984202028-Artikel.pdf Download (156kB) |
Abstract
Salah satu ilmu yang berperan penting dalam pendidikan adalah ilmu matematika. Hal tersebut karena matematika merupakan ilmu dasar dari berbagai ilmu lainnya. Salah satu aspek penting yang ada dalam mata pelajaran matematika adalah representasi matematis. Bertolak belakang dengan pentingnya representasi matematis menurut NCTM, hasil pengamatan di kelas dan wawancara dengan guru matematika SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto menunjukkan bahwa siswa masih belum terbiasa menggunakan representasi matematis ketika menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan data kualitatif Penelitian ini dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto. Calon subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII TA1 SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi membuat persamaan matematika dari soal yang diberikan. Persamaan matematika tersebut digunakan untuk menyelesaikan soal. Subjek dengan kemampuan matematika sedang membuat persamaan matematika untuk menyelesaikan masalah pada soal. Akan tetapi, persamaan tersebut tidak sesuai dengan informasi pada soal sedangkan untuk subjek dengan kemampuan matematika rendah, subjek tidak menyelesaikan masalah pada soal dengan melibatkan persamaan matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis, Soal Cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 05:27 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 05:27 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |