PENGEMBANGAN SOAL GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS FRAMEWORK AKM MENGGUNAKAN KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI SIDOARJO

Kholifah, Nur PENGEMBANGAN SOAL GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS FRAMEWORK AKM MENGGUNAKAN KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI SIDOARJO. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1984202015-Artikel.pdf

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal geometri berbasis Framework AKM menggunakan konteks sosial budaya di Sidoarjo. Metode pengembangan mencakup analisis kebutuhan, desain soal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasilnya, 10 soal geometri dikembangkan dengan motif batik dan struktur candi Sidoarjo sebagai konteks. Soal ini menunjukkan validitas internal tinggi (rata-rata 0,78-0,89) dan validitas eksternal ( ). Nilai reliabilitas internal 0,764 dan eksternal 0,979. Sebanyak 83,3% siswa mendapatkan skor di atas 76, menunjukkan efektivitas soal dalam meningkatkan minat dan pemahaman geometri. Penggunaan elemen sosial budaya lokal menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual, sehingga efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan soal, geometri dan pengukuran, Framework AKM, konteks sosial budaya, Sidoarjo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:40
Last Modified: 14 Jan 2025 07:40
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item