Faruq, Mohammad Umar ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX J MTS NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
1984202013-Artikel.pdf Download (730kB) |
Abstract
Berpikir kritis adalah proses pengambilan keputusan yang masuk akal, sistematis, dan bijaksana untuk menyelesaikan tantangan berdasarkan kemampuan intelektual. Hasil diskusi peneliti dengan guru matematika di kelas IX J MTs Nurul Islam 1 menunjukkan bahwa siswa di kelas tersebut pada umumnya kurang memiliki kemampuan berpikir kritis. Hal ini ditandai dengan berbagai karakteristik, antara lain kemampuan siswa dalam mengevaluasi soal yang diberikan dengan menentukan konsep atau strategi untuk menjawab soal, namun siswa masih belum mampu menilai kualitas jawaban tertulis. Selain itu, ada juga siswa yang mampu memeriksa keakuratan jawaban yang diberikan namun tidak mampu menarik kesimpulan yang benar. Akhirnya, beberapa siswa terus berjuang untuk memahami isi pertanyaan, sehingga mereka tidak dapat menulis informasi yang benar pada pertanyaan yang ditawarkan. Oleh sebab itulah masalah tersebut harus dianalisis lebih dalam terkait kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX J MTs Nurul Islam 1. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa yang dipilih dari 34 siswa di kelas IX J MTs Nurul Islam 1. Penelitian ini mengumpulkan data melalui tes dan wawancara. Subjek yang terpilih akan diberikan soal HOTS, dan hasilnya akan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal HOTS yang dipilih dari siswa dengan kemampuan matematika yang kuat, satu siswa diakui memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Sementara itu, dua siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis sedang. Disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi di kelas IX J MTs 1 Nurul Islam memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dalam menyelesaikan soal HOTS.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kemampuan, berpikir kritis, materi segiempat, soal HOTS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 05:10 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 05:10 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |