PENGARUH PEMBELAJARAN “RECIPROCAL TEACHING” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs MA’ARIF NU NGABAN

Sodikin, Mohamad Ali PENGARUH PEMBELAJARAN “RECIPROCAL TEACHING” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs MA’ARIF NU NGABAN. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202038-Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini berfokus pada kebutuhan proses pembelajaran dengan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Banyak siswa cenderung pasif dan tidak berani mengemukakan pendapatnya ketika dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif dalam matematika adalah model ‘’Reciprocal Teaching’’. Model pembelajaran “Reciprocal Teaching” terdapat empat strategi yakni (1) Summarizing. (2) Question. (3) Clarifying dan (4) Predicting. Penelitian ini dilakukan di MadrasahTsanawiyah Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh model “Reciprocal Teaching” pada materi Teorema Pythagoras. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) Berdasarkan perhitungan nilai thitung (7,533) > ttabel (2,093) didapatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi secara signifikan. (2) r square ( 2) = 0,749 dapat disimpulkan model ‘’Reciprocal Teaching’’ memberikan kontribusi sebesar 74,9% terhadap kemampuan siswa untuk berpikir kreatif dalam matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Berpikir Kreatif Matematika, Teorema Pythago
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:06
Last Modified: 15 Jan 2025 08:06
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item