PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SD

Darmawangsa, Adam and Wibowo, Satrio and Dewi, Galuh Kartika (2024) PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (4). ISSN 2548-6950

[img] Text
1786206044-Artikel.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh evaluasi peningkatan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas IV SD Katerungan Krian dengan menggunakan model Mind Mapping. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas IV sekolah dasar dan mengevaluasi respon siswa setelah menggunakan model Mind Mapping untuk mempelajari keterampilan menulis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif seperti penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Metode pengumpulan data menggunakan Tes Hasil Belajar Siswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Dan angket respon siswa terhadap model mind mapping keterampilan menulis deskripsi. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes yang berhubungan dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berkisar antara 70 sampai dengan 93, dengan rata-rata pretest sebesar 82,9. Sedangkan kelas kontrol mempunyai nilai berkisar antara 67 hingga 90 dengan rata-rata pretest sebesar 76,45. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa memberikan penilaian rata-rata sebesar 88% terhadap model Mind Mapping yang dinilai sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Keterampilan Menulis Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:01
Last Modified: 03 Feb 2025 04:01
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item