Zarroh, Fatimahtus and Fitriany, Aulia and Mubarok, M. Khusni (2024) PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA KEMALA 3 BHAYANGKARI PORONG. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8 (2). ISSN 2541-6130
![]() |
Text
2087201043-Artikel.pdf Download (550kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran sejarah di SMA Bhayangkari Porong. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: Bagaimana perencanaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran sejarah di SMA Bhayangkari Porong, Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran sejarah di SMA Bhayangkari Porong, Bagaimana evaluasi model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran sejarah di SMA Bhayangkari Porong. Penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik dan kemandirian belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dinilai dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan hasil belajarnya. Penerapan model discovery learning juga bermanfaat bagi pendidik, karena selain berperan sebagai fasilitator, pendidik dapat memahami karakteristik belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model discovery learning dan kemandirian belajar memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik, dan dinilai lebih efektif dalam merangsang peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran sejarah, Kurikulum merdeka, Model Discovery learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:51 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:51 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |