ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME KELAS XI MA DARUL ULUM WARU

Sari, Rananda Kartika and Faris, M. Faris Abdil and Fajriyah, Izzatul (2024) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME KELAS XI MA DARUL ULUM WARU. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5 (2). ISSN 2775-0531

[img] Text
2087201042-Artikel.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model problem based learning yang berbasis model pembelajaran dalam meningkatkan rasa Nasionalisme mata pelajaran sejarah materi Kolonialosme. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, yang merujuk pada penelitian yang mendominasi naratif, bagan, gambar dan foto. Kegiatan penelitian dilakukan pada sistematis guru dalam pelaksanaan model PBL dalam pembelajaran sejarah seperti : a. Orientasi masalah; b. Pengelompokkan masalah; c. Membimbing penyelidikan; d. Mengembangkan dan menyajikan hasil; e. Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan model PBL yang dikembangkan bersifat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian menunjukkan pemahaman peserta didik sudah efektif dalam meningkatkan rasa nasionalisme terhadap materi kolonialisme dalam pembelaharan sejarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajran sejarah,model pembelajaran Problem Based Learning, rasa nasionalisme dan materi kolonialisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 06 Feb 2025 06:17
Last Modified: 06 Feb 2025 06:17
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item