Inquiry Learning pada Materi Sejarah untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI

Wijayanti, Ratna Dwi and Fajriyah, Izzatul and Aziz, M. Faris Abdil and Widodo, J. Priyanto (2024) Inquiry Learning pada Materi Sejarah untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8 (2). ISSN 2541-6130

[img] Text
2087201014-Artikel.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah di SMK PGRI 2 Sidoarjo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan metode ini didukung oleh perencanaan yang matang, pelatihan guru, dan pengintegrasian sumber belajar yang relevan. Siswa menjadi lebih aktif, mampu mengajukan pertanyaan yang mendalam, dan mengembangkan argumen berdasarkan bukti sejarah. Penelitian ini mampu memperkuat pemahaman tentang efektivitas metode pembelajaran inkuiri dan memberikan implikasi praktis dan teoritis bagi guru. Penelitian lebih lanjut dengan menggunakan sampel yang lebih luas diperlukan untuk memperkuat temuan ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan sejarah, inquiry kearning, keterampila n berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:06
Last Modified: 06 Feb 2025 08:06
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item