Asun, Estu Yen Retno and Sukriyah, Dewi and Kusumawati, Intan Bigita Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI. repository stkip pgri sidoarjo. (Unpublished)
|
Text
ARTIKEL ASUN.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Semangat dan prestasi belajar siswa terhadap matematika rendah karena siswa merasa kesulitan memahaminya, terlebih siswa merasa bahwa matematika jauh dari kehidupan mereka. Bahkan guru matematika yang terkesan galak sehingga siswa lebih malas belajar, dari masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI materi geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 54 siswa dan sampel yang dipakai sebanyak 24 siswa. Analisis data menggunakan analisis data lembar observasi aktivitas, analisis data angket respons dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI pada aktivitas siswa dengan presentase di atas 60% artinya dalam kriteria aktif, angket respon dapat dikatakan mendapat respon yang positif dengan prosentase di atas 50% dan hasil belajar siswa menunjukkan nilai di atas KKM yang ditentukan sekolah, nilai yang diperoleh siswa dengan nilai rata-rata 72.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, PMRI, Geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Estu Yen Retno Asun |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 08:14 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 08:14 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/252 |
Actions (login required)
View Item |