Afriyanti, Vivi and Ayuningtyas, Nurina (2017) PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
Text
artikel ilmiah.rtf Download (259kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matemtika siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA-Like ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik di kelas X SMK. Berdasarkan hasil angket gaya belajar tersebut diperoleh 2 siswa yang dominan dengan skor tertinggi pada gaya belajar visual, 2 siswa yang dominan dengan skor tertinggi pada gaya belajar auditori dan 2 siswa yang dominan dengan skor tertinggi pada gaya belajar kinestetik sebagai subjek penelitian. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa yang dominan pada gaya belajar visual, dalam menyelesaikan soal matematika PISA-Like memenuhi ketiga indikator komunikasi matematika tulis dan memenuhi dua indikator komunikasi matematika lisan. Siswa yang dominan pada gaya belajar auditori, dalam menyelesaikan soal matematika PISA-Like memenuhi satu indikator komunikasi matematika tulis dan memenuhi semua indikator komunikasi matematika lisan. Siswa bergaya belajar kinestetik, dalam menyelesaikan soal matematika PISA-Like hanya memenuhi satu indikator komunikasi matematika tulis dan memenuhi dua indikator komunikasi matematika lisan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematika, Soal PISA-Like, Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:24 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:24 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/26 |
Actions (login required)
View Item |