Ifdinasari, Veny and Sukriyah, Dewi and Kusumawati, Intan Bigita Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)
|
Text
1431084 - Artikel.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi persegipanjang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-I SMP Negeri 3 Krian pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang terdiri dari 1 subjek berkemampuan matematis tinggi, 1 subjek berkemampuan matematis sedang, dan 1 subjek berkemampuan matematis rendah. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan soal tes kemudian mewawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematis tinggi memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Subjek berkemampuan matematis sedang kurang memenuhi menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dapat menuliskan pemodelan matematika, dapat menuliskan ide matematika dengan gambar atau aljabar, dapat menggunakan simbol-simbol matematika melalui tulisan, dan kurang memenuhi menuliskan jawaban dengan runtut. Subjek berkemampuan matematis rendah hanya memenuhi menuliskan ide matematika dengan gambar atau aljabar. Dengan mengkomunikasikan ide yang berupa simbol, gambar dan aljabar secara tertulis, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Kemampuan tinggi, sedang, rendah, Soal Kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Veny Ifdinasari |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 07:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 07:49 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |