IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS

Isobar, Ahmad and Kusumawati, Intan Bigita and Nuriyatin, Siti IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (1431003-Artikel)
1431003 - Artikel.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa harusnya mampu mengolah pikiranya untuk menghubungkan antara pola pemikiran terhadap segala hal yang berkaitan dengan masalah kontekstual. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat berpikir pada masingmasing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AK2 SMK PGRI 3 Sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran yaitu 3 subjek penelitian yang masing-masing mempunyai 1 kemampuan matematis tinggi, 1 kemampuan matematis sedang dan 1 kemampuan matematis rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek T1 dengan kemampuan matematis tinggi ternyata berada pada tingkat kreatif 3(kreatif), subjek S1 dengan kemampuan matematis sedang berada pada tingkat kreatif 3(kreatif), subjek R1 dengan kemampuan matematis rendah berada pada tingkat kreatif 1(kurang kreatif).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir, kreatifitas, tingkat kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Achmad Issobar
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:19
Last Modified: 17 Sep 2018 08:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item