Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian Costa & McCrae

Nisa, Friescha Azizatun and Kusumawati, Intan Bigita and Nuriyatin, Siti Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian Costa & McCrae. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (1431037-Artikel)
1431037 - Artikel.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa harusnya mampu mengolah pikirannya untuk menghubungkan antara pola pemikiran terhadap segala hal yang berkaitan dengan kepribadian. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat berpikir pada setiap individu dalam penerapannya. Indikator berpikir kreatif dalam penelitian ini adalah Kefasihan, Fleksibilitas dan Kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari tipe kepribadian Costa & McCrae. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dikelas VIII. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan tipe kepribadian menurut Costa & McCrae. Tiap tipe kepribadian diwakili oleh 1 siswa dengan tipe kepribadian terkuat untuk memudahkan dalam menganalisisnya. Penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu angket, tes dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh subjek dengan tipe kepribadian Ekstraversi memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas berada pada tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif), subjek dengan tipe kepribadian Neurotisme memenuhi indikator kefasihan berada pada tingkat berpikir kreatif 1 (kurang kreatif), subjek dengan tipe kepribadian Terbuka memenuhi indikator kefasihan dan kebaruan berada pada tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif), subjek dengan tipe kepribadian Kebersetujuan memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas berada pada tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif), subjek dengan tipe kepribadian Kenuranian memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas berada pada tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Kepribadian Costa & McCrae
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Friescha Azizatun Nisa
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:40
Last Modified: 28 Feb 2019 03:40
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item