PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA

Aulia, Noor Ifa and Agustina, Eka Nurmala Sari and Dhewy, Risdiana Chandra PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431057 - Artikel.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Untuk menyelesaikan soal matematika siswa harus menggunakan daya nalar terutama pada soal cerita ataupun soal dalam bentuk narasi. Jika siswa sudah menggunakan daya nalarnya maka siswa seharusnya juga mampu mengomunikasikan hasil penalarannya baik secara tulis ataupun secara lisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan penalaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linier ganda. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penelitian ini menggunakan metode tes tulis serta wawancara untuk melihat kemampuan komunikasi matematis tulis, kemampuan komunikasi matematis lisan dan kemampuan penalaran. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi r sebesar r = 0,992289 melalui persamaan linier Y=0,094436+0,412555X_1+0,804066X_2 dan diperoleh nilai Fhitung = 865,2382 dengan nilai Ftabel = 3,35 maka Ftabel  Fhitung sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan penalaran matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis, Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan, Kemampuan Penalaran Matematika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis, Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan, Kemampuan Penalaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Noor Ifa Aulia
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:24
Last Modified: 05 Apr 2019 09:24
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item