Analisis Kesalahan Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Model PISA

Prasetiyo, Sigit and Fachrudin, Achmad Dhany and Ayuningtyas, Nurina Analisis Kesalahan Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Model PISA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (1431075-Artikel)
1431075 - Artikel.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal model PISA. Subjek penelitian ini adalah dua siswa berkemampuan matematika tinggi yang pernah mengikuti atau menjuarai olimpiade matematika di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes soal model PISA dan wawancara. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui dimana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dapat dibedakan menjadi lima tahapan kesalahan, yaitu: kesalahan dalam membaca, kesalahan dalam memahami, kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan pada penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa berkemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal model PISA, hanya saja mereka memiliki sedikit kesulitan dalam merubah informasi ke dalam model matematika pada tahap transformasi ketika mengerjakan soal model PISA di karenakan siswa berkemampuan matematika tinggi tidak terbiasa untuk merubah informasi ke dalam model matematika dan hanya mengangan-angannya saja tanpa menuliskan ke dalam lembar jawaban.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan Newman, kemampuan matematika tinggi, soal model PISA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Sigit Prasetiyo
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:25
Last Modified: 05 Apr 2019 09:25
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item