PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATRIKS

Rahmawati, Nining Indah and Sukriyah, Dewi and Fachrudin, Achmad Dhany (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATRIKS. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL.rtf

Download (478kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Instruction dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa serta melibatkan siswa untuk memcahkan suatu masalah melalui tahap-tahap ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah yang disajikan dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMK YPM 3 TAMAN tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan prestasi belajar siswa. Hal ini karena hasil perhitungan kebenaran uji linieritas regresi sederhana diperoleh F_hitung=0,0184<F_tabel=4,0785, maka H_o diterima dengan taraf sigmifikan 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Problem Based Instruction, matriks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 May 2018 02:34
Last Modified: 16 May 2018 02:34
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item View Item