Profil Literasi Matematis Siswa SMPN 2 Krembung Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Jannah, Siti Lailatul and Fachrudin, Achmad Dhany and Ayuningtyas, Nurina (2018) Profil Literasi Matematis Siswa SMPN 2 Krembung Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431077 - siti lailatul jannah.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Literasi matematis sangat dibutuhkan siswa dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian literasi matematis siswa adalah jenis kelamin. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal model PISA konten Change and relationship. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 2 Krembung kelas VIII. Penentuan subjek dalam penelitian diperoleh dari guru matematika terkait kemampuan matematika siswa yang sama. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa yang terdiri 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dengan tingkat kemampuan matematika tinggi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes soal matematika model PISA level 2 dan 3 serta lembar wawancara. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan pada proses literasi matematis yaitu formulate, employ, dan interprete. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki pada proses formulate memperoleh persentase skor 83,35%, proses employ sebanyak 41,65% dan proses interprete sebanyak 41,65%. Sedangkan pada siswa perempuan, proses formulate memperoleh persentase skor 75%, proses employ sebanyak 33,35% dan proses interprete sebanyak 41,65%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mampu merumuskan permasalahan dengan baik namun belum bisa menerapkan dan menginterpretasikan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan baik pada proses literasi formulate, employ, maupun interprete dalam menyelesaikan soal model PISA konten Change and relationship

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil, Literasi Matematis, Soal Model PISA, Jenis Kelamin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:36
Last Modified: 16 Apr 2019 10:36
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item