Cahyono, Ahmad Didit and Nuriyatin, Siti and Soerjono, Bambang (2019) ANALAISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK. THETA Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2). pp. 58-61. ISSN 2656-7172 (Unpublished)
|
Text
1431005 - ARTIKEL.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA MUHAMMADIYAH 3 Tulangan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas X SMA MUHAMMADIYAH Tulangan yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar aural, 1 siswa dengan gaya belajar read/write, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya; tes tulis dan wawancara untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe visual, aural dan kinestetik mampu bernalar pada setiap tahap. Siswa yang bertipe read/write hanya bernalar pada indikator menyajikan masalah matematika pada tahap memahami masalah dan penyelesaian, serta manipulasi matematika pada tahap penyelesaian.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Penalaran, Gaya Belajar VARK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 03:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 02:58 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/389 |
Actions (login required)
View Item |