PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mursidah, Puspita Nur and Sukriyah, Dewi and Kusumawati, Intan Bigita PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431064-Artikel.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penentuan sampel yaitu kelas VIII-A dengan 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Didapatkan hasil uji normalitas bahwa sampel berdistribusi normal, hasil uji heteroskedastisitas bahwa sampel bersifat homogen, sedangkan uji autokorelasi menunjukkan bahwa sampel tidak ada autokorelasi antar residual. Selanjutnya melakukan analisis uji Regresi Liniear Sederhana menggunakan uji f dan uji t dan menunjukkan bahwa Fhitung (8511,5924) > Ftabel (4,17) sehingga H0 ditolak dan thitung 3,009 > ttabel 2,042 sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem koordinat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Puspita Nur Mursidah
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:05
Last Modified: 16 Apr 2019 11:05
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item