Anggraini, Alvi Aliyanti Dwi and Susilo, Tri Achmad Budi and Lestariningsih, Lestariningsih PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)
|
Text
1431011 - Artikel.pdf Download (948kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas XI MIPA SMA PGRI 5 Sidoarjo, dapat diketahui rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan penggunaan model dan strategi yang masih monoton yaitu ceramah, banyak siswa yang asyik berbicara dengan temannya dan hanya sebagian kecil siswa yang mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan, sehingga prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kurang maksimal. Tujuan mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting pada pada materi matriks di kelas XI-MIPA SMA PGRI 5 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 5 Sidoarjo dengan subjek siswa kelas XI-MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest designs. Untuk penentuan sampel yaitu sampel diambil satu kelas. Instrument penelitian ini yaitu pretest dan postest. Didapatkan nilai 58,77 pada nilai t_hitung dan nilai t_tabel dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu db=n-1,db=28-1=27. Sehingga t_((α, db) )=t_((0,025, 27) )=2,052 maka H_0 ditolak dan berdasarkan standart nilai KKM disekolah siswa dapat dikatakan sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan, probing-prompting, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Alvi Aliyanti Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 11:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 11:36 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/401 |
Actions (login required)
View Item |